cara konfigurasi network,dns server dan web server
Hii teman-teman kali ini saya akan memberi tahu bagaimana si cara konfigurasi networking,dns server sampai web server pada linux debian,sebelumnya selamat datang di blog saya dan silahkan membaca semoga bermanfaat yaaa
1. Login terlebih dahulu kedalam debian dan pastikan login dengan login root atau super user agar anda bisa mengubah file konfigurasi di debian.
2. Masuk ke file interfaces dengan cara
nano /etc/network/interfaces Lalu tambahkan di bawah # the primary network interfaces dengan
auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.4.204 (sesuai dengan ip yang anda gunakan)
netmask 255.255.255.0(sesuai dengan kelas ip yang anda gunakan)
network 192.168.4.0
broadcast 192.168.4.255
gateway 192.168.4.254 (gateway sesuai dengan ISP anda)
Lalu simpan perubahan tadi dengan cara
ctrl+x lalu y [enter]
3. Lalu restart konfigurasi anda dengan /etc/init.d/networking restart atau service networking restart
4. Lalu ketik ifconfig untuk mengecek apakah konfigurasi anda sudah benar ,jika keluar eth0 nya dan konfigurasi ipnya sama dengan yang kita konfigurasi maka itu sudah berhasil.
5. Install terlebih dahulu Bind9, dengan perintah #apt-get install bind9
Http//galihprakoso1933
Http//siiferysaptra
Hii teman-teman kali ini saya akan memberi tahu bagaimana si cara konfigurasi networking,dns server sampai web server pada linux debian,sebelumnya selamat datang di blog saya dan silahkan membaca semoga bermanfaat yaaa
1. Login terlebih dahulu kedalam debian dan pastikan login dengan login root atau super user agar anda bisa mengubah file konfigurasi di debian.
2. Masuk ke file interfaces dengan cara
nano /etc/network/interfaces Lalu tambahkan di bawah # the primary network interfaces dengan
auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.4.204 (sesuai dengan ip yang anda gunakan)
netmask 255.255.255.0(sesuai dengan kelas ip yang anda gunakan)
network 192.168.4.0
broadcast 192.168.4.255
gateway 192.168.4.254 (gateway sesuai dengan ISP anda)
Lalu simpan perubahan tadi dengan cara
ctrl+x lalu y [enter]
3. Lalu restart konfigurasi anda dengan /etc/init.d/networking restart atau service networking restart
4. Lalu ketik ifconfig untuk mengecek apakah konfigurasi anda sudah benar ,jika keluar eth0 nya dan konfigurasi ipnya sama dengan yang kita konfigurasi maka itu sudah berhasil.
5. Install terlebih dahulu Bind9, dengan perintah #apt-get install bind9
6. Masuk ke direktori bind, dengan cara ketik #cd /etc/bind

7. Edit file nano.named.local, dengan perintah #nano named.conf.local
8. Tambahkan perintah berikut:
zone "krisma.net" {
type master ;
file "/etc/bind/db.krisma" ;
};
zone "24.168.192.in-addr.arpa" {
type master ;
file "/etc/bind/db.192" ;
};
9. Salin file agar lebih mudah, dengan cara #cp db.local db.krima dan #cp db.127 db.192
10. Edit file db.krisma, denagn cara #nano db.krisma
11. Lalu edit seperti gambar berikut.
12. Edit file db.192, denagn cara #nano db.192
13. Lalu edit seperti gambar beriokut.
14. Restart bind9 agar kita bisa tahu apakah sudah benar atau belum, dengan cara #service bind9 restart
15. Jika sudah di restart kemudian lihat file /etc/resolv.conf, dengan cara #cat /etc/resolv.conf pastikan Ip anda berada di deretan paling atas.
16. Jika Ip anda belum berada di deretan paling atas atau bahkan tidak ada, edit file /etc/resolv.conf dengan cara #nano /etc/resolv.conf seperti gambar berikut.

17. Lihat lagi file /etc/resolv.conf
18. coba periksa DNS apakah dns anda sudah jalan atau belum , pertama anda
test langsung di server dengan perintah #nslookup krisma.net dan #nslookup www.krisma.net
19. Jika ada hasil yang bertuliskan “ **
server can't find smk.net.smk.net: SERVFAIL ” maka konfigurasi anda mungkin ada yang
masih salah ataupun kurang lengkap.server can't find smk.net.smk.net: SERVFAIL ” maka konfigurasi anda mungkin ada yang
20. Ubah konfigurasi ip komputer anda, masukkan ip server anda di kolomDNS Server.
21. Cek di browser anda,dengan cara ketikkan domain anda krisma.net jika It works! maka sudah berhasil.
#Konfigurasi web server
1. Instal Paket web server terlebih dahulu yaitu :
apt-get install apache2
2. Apabila ada konfirm Y/N, ketik Y laluEnter
3. Selanjutnya kita masuk ke folder/etc/apache2/sites-available
Ketikkan perintah : cd /etc/apache2/sites-available
4. Ketik ls, lalu copy file default dan kita ambil nama contohnya : www (nama bebas). Bisa juga langsung pakai filedefault tanpa mengcopy file master tersebut.
5. Lalu edit file www, perintah : pico www
6. Pada file ini :
- Ganti : ServerAdmin webmaster@localhost menjadi
ServerAdmin webmaster@ferykurniawantkj2.com(nama domain anda)
- Tambahkan : (dibawah ServerAdmin)
ServerName www.ferykurniawantkj2.com(nama domain anda)
7. Setelah selesai save file dengan CTRL-X, Y
8. Pindah direktori ke /var/www untuk mengedit file html dari web master tersebut
cd /var/www
9. Lalu edit file index.html, masukkan perintah : pico index.html
10. Isikan script pada file ini sesuka hati anda, contohnya seperti gambar dibawah :
11. Save dengan CTRL-X, Y
12. Kemudian restart web server anda, masukkan perintah:
/etc/init.d/apache2 restart
13. Dan untuk megecek apakah web server anda jalan atau tidak dengan perintah :
w3m www.ferykurniawantkj2.com(Nama domain anda)
14. Hasilnya :
15. Apabila berhasil maka tampilannya seperti gambar diatas, dan menunjukkan web server anda berjalan dengan baik.
1. Langsung saja ke Web Browser pada windows ( Bisa pakai Mozila Firefox, IE, Google Chrome, dll)
2. Dan ketikkan alamat URL“www ferykurniawantkj2.com”
3. Hasilnya seperti ini :
4. Selesai.
Note: putri yuliani adm system
Ex:Http//galihprakoso1933
Http//siiferysaptra















Comments
Post a Comment